Kamis, 02 Oktober 2014

( Bab 3 ) Pemberitahuan Mengenai Pencurahan Roh Kudus


3 
Pemberitahuan
Mengenai
Pencurahan
Roh Kudus

Didalam Perjanjian Lama kita menemukan bahwa
Roh Kudus turun keatas orang-orang tertentu
yaitu hanya kepada nabi-nabi. Tetapi Allah telah berfirman,

melalui nabi-nabi-Nya, bahwa suatu hari yang baru akan tiba.
Roh-Nya akan tinggal didalam dan atas semua umat-Nya.

1. Roh-Nya Akan Tinggal Didalam
Dan Atas Semua Umat-Nya.

Kemudian dari pada itu akan terjadi, bahwa Aku akan mencurahkan Roh-Ku keatas semua manusia, maka anak-anakmu laki-laki dan perempuan akan bernubuat; orang-orangmu yang tua akan mendapat mimpi, teruna-terunamu akan mendapat penglihatan-penglihatan.

Juga keatas hamba-hambamu laki-laki dan perempuan akan Kucurahkan Roh-Ku pada hari-hari itu.
Yoel 2:28,29

Aku akan mencurahkan kepadamu air jernih, yang akan mentahirkan kamu; dari segala kenajisanmu dan dari semua berhala-berhalamu Aku akan mentahirkan kamu.

Kamu akan Kuberikan hati yang baru, dan roh yang baru di dalam batinmu dan Aku akan menjauhkan dari tubuhmu hati yang keras dan Kuberikan kepadamu hati yang taat.

Roh-Ku akan Kuberikan diam di dalam batinmu dan Aku akan membuat kamu hidup menurut segala ketetapan-Ku dan tetap berpegang pada peraturan-peraturan-Ku dan melakukannya. Yehezkiel 36:25-27

Sebab Aku akan mencurahkan air ke atas tanah yang haus, dan hujan lebat ke atas tempat  yang kering. Aku akan mencurahkan Roh-Ku ke atas keturunanmu, dan berkat-Ku ke atas anak cucumu. Yesaya 44:3

2. Mesias Yang Dijanjikan Allah Akan Dipenuhi
Oleh Roh Dan Dilengkapi Dengan Kuasa

"Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya"
"Roh Tuhan Allah ada padaku, oleh karena
TUHAN telah mengurapi aku;"  Yesaya 42:1, 61:1

Hal ini digenapi pada Lukas 4:16-21

16 Ia datang ke Nazaret tempat Ia dibesarkan, dan menurut kebiasaan-Nya pada hari Sabat Ia masuk ke rumah ibadat, lalu berdiri hendak membaca dari Alkitab.

17 Kepada-Nya diberikan kitab nabi Yesaya dan setelah dibuka-Nya, Ia menemukan nas, di mana ada tertulis: 

18 "Roh Tuhan ada pada-Ku,oleh sebab Ia telah mengurapi Aku, untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin;dan Ia telah mengutus Aku

19 untuk memberitakan pembebasan kepada orang-orang tawanan,dan penglihatan bagi orang-orang buta,untuk membebaskan orang-orang yang tertindas,untuk memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang."

20 Kemudian Ia menutup kitab itu, memberikannya kembali kepada pejabat, lalu duduk; dan mata semua orang dalam rumah ibadat itu tertuju kepada-Nya.

21 Lalu Ia memulai mengajar mereka, kata-Nya: "Pada hari ini genaplah nas ini sewaktu kamu mendengarnya."

3. Beberapa Istilah Berkenaan
"Kepenuhan Roh"

Pengalaman kepenuhan Roh Kudus dijelaskan dengan berbagai cara didalam kitab Suci. Kita akan memeriksa secara ringkas beberapa istilah yang ada.

(a). Menerima Roh Kudus
Suatu Karunia didefinisikan sebagai "Suatu tawaran dan penerimaan (tindakan untuk menerima) tanpa pertimbangan". Suatu "karunia" tidak dilengkapi sampai seseorang menerima apa yang telah ditawarkan secara bebas. Ini adalah frasa yang paling umum dipakai didalam Perjanjian Baru untuk menjelaskan pengalaman yang sedang kita bicarakan.

 "Roh yang akan diterima oleh mereka yang percaya kepada-Nya"  Yohanes 7:39

"Terimalah Roh Kudus"  Yohanes 20:22

"Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu"  Kisah Para Rasul 1:8

"maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus"
Kisah Para Rasul 2:38

 "Setibanya di situ kedua rasul itu berdoa supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus.

Kemudian keduanya menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus.

Kisah Para Rasul 8:15,17

"sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita. Kisah Para Rasul 10:47

 "Sudahkah kamu menerima Roh Kudus, ketika kamu menjadi percaya ?"  Kisah Para Rasul 19:2

(b). Diurapi Dengan Roh
"Pengurapan" adalah suatu istilah yang sudah sangat kita kenal, karena istilah inipun dipakai juga didalam Perjanjian Lama. Keluaran 28:41; 29:7.

Pengurapan minyak dicurahkan kepada penerima
(I Samuel 10:1). Maka Roh "dicurahkan ke atas" orang percaya.

Kristus berarti: Yang Diurapi.
"…bagaimana Allah mengurapi Dia dengan Roh Kudus dan kuat kuasa, Dia yang berjalan Berkeliling sambil berbuat baik dan menyembuhkan semua orang yang dikuasai Iblis, sebab Allah menyertai Dia"
Kisah Para Rasul 10:38

Allah yang telah mengurapi
Sebab Dia yang telah meneguhkan kami bersama-sama dengan kamu di dalam Kristus, adalah Allah yang telah mengurapi, memeteraikan tanda milik-Nya atas kita dan yang memberikan Roh Kudus di dalam hati kita sebagai jaminan dari semua yang telah disediakan untuk kita.
2 Korintus 1:21-22

(c). Dipenuhi Dengan Roh.
Akibat yang diberikan oleh Roh didalam hidup orang-orang percaya. Mereka "dipenuhi" dengan Roh! Hal ini terjadi pada hari Pentakosta "Dan mereka semua dipenuhi dengan Roh Kudus, dan mulai berbicara dengan bahasa-bahasa lidah seperti yang diberikan oleh Roh kepada mereka"
Maka penuhlah mereka dengan Roh Kudus, lalu mereka mulai berkata-kata dalam bahasa-bahasa lain, seperti yang diberikan oleh Roh itu kepada mereka untuk mengatakannya. Kisah Para Rasul 2:4

Kemudian ada beberapa pengalaman lanjutan dipenuhi oleh Roh, dengan demikian proses tersebut berkelanjutan. Paulus berbicara mengenai hal ini di dalam Efesus 5:18,
dengan menggunakan tata kalimat sedang berlangsung: "Secara terus menerus dipenuhi dengan Roh" Untuk mempertahankan kepenuhan Roh, kita perlu meminum dari sumber persediaan setiap hari.
Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh,

(d). Dibaptis Dengan Roh Kudus.

Dasar-dasar Alkitabiah disebutkan empat kali didalam kitab Injil dan dua kali didalam kitab Kisah Para Rasul.


Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api. Matius 3:11

Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.”Markus 1:8

“Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Ia yang lebih berkuasa dari padaku akan datang dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Ia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.Lukas 3:16

Dan aku pun tidak mengenal-Nya, tetapi Dia, yang mengutus aku untuk membaptis dengan air, telah berfirman kepadaku: Jikalau engkau melihat Roh itu turun ke atas seseorang dan tinggal di atas-Nya, Dialah itu yang akan membaptis dengan Roh Kudus.
Yohanes 1:33

Sebab Yohanes mambaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus.”
 Kisah Para Rasul 1:5

Yohanes membaptis dengan air, tetapi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus. Kisah Para Rasul 11:16

Membaptis berarti "menenggelamkan secara menyeluruh" atau "menyelamkan ke suatu unsur yang mempunyai kuasa untuk mengubah apa yang membungkus". Contoh yang baik mengenai hal ini adalah pencelupan kain, yang dicelupkan kedalam suatu unsur yang secara radikal akan mengubah kain itu. Karena itu baptisan Roh adalah dicelupkan, diselamkan, dikubur, dikelilingi secara menyeluruh, secara keseluruhan dibungkus oleh Roh Kudus.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar